Pertunjukan Ondel-ondel Bakal Digelar di Sejumlah Tempat di Jakarta

Jakarta News Terkini

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM- Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Kebudayaan DKI Jakarta bakal menggelar pertunjukan ondel-ondel pada 18-26 Juni 2022 mendatang di sejumlah tempat di Jakarta.

Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana, mengatakan, kegiatan ini mendapatkan dukungan baik dari masyarakat berkat komunikasi dan kemitraan yang kolaboratif dari berbagai pihak. Selain itu, sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab Pemprov DKI Jakarta dalam menangani permasalahan pengamen ondel-ondel sekaligus pelestarian ondel-ondel di Jakarta.

“Kegiatan ini diikuti oleh 35 sanggar dari seluruh Jakarta dengan total peserta 525 orang. Nantinya, sanggar-sanggar ini akan menampilkan pertunjukan ondel-ondel dinamis,” ujarnya di Jakarta, Senin (20/6).

Lebih lanjut, Iwan menambahkan, pagelaran ondel-ondel ini akan dilaksanakan di beberapa tempat di antaranya, Mall Kota Kasablanka, Kawasan Kota Tua, Baywalk Mall, Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki, Pekan Raya Jakarta, AEON Mall JGC, dan Kawasan Pecinan Glodok.

“Sebagai ikon budaya Betawi yang telah ditetapkan, ondel-ondel perlu mendapatkan perhatian khusus. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai perwujudan Jakarta Kota Kolaborasi di mana pemerintah, swasta, dan sanggar ondel-ondel bersama-sama melestarikan kebudayaan yang ada di Jakarta,” imbuh Iwan.

Perlu diketahui, kegiatan ini menjadi ajang pembuktian bagi pihak swasta, khususnya pusat perbelanjaan yang telah berkomitmen penuh mendukung Peraturan Daerah (Perda) DKI Jakarta Nomor 4 tahun 2015 tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi.

Sebagai informasi, pertunjukan ini merupakan rangkaian dari kegiatan pembinaan bagi pelaku ondel-ondel di Jakarta, yaitu workshop dan pagelaran pertunjukan ondel-ondel. Sebelumnya, kegiatan worksop sudah dilaksanakan pada 7-8 Juni 2022 di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan dengan menghadirkan narasumber budayawan di antaranya, Yahya Andi Saputra, Ahmad Supandi, dan Imron Hasbullah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.