Warga Jakarta Ditantang Tawarkan Solusi Kreatif Hadapi Masalah Pasca Pandemi - Mediajakarta.com | Situs Berita Jakarta Terkini

Post Top Ad

Warga Jakarta Ditantang Tawarkan Solusi Kreatif Hadapi Masalah Pasca Pandemi

Warga Jakarta Ditantang Tawarkan Solusi Kreatif Hadapi Masalah Pasca Pandemi

Share This


JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Negara Bagian Berlin bersama-sama menjalankan proyek  yang diberi nama Perubahan Cerdas, sebuah proyek  pengembangan tata kelola perkotaan, kesejahteraan dan Inovasi di Jakarta..

Proyek tersebut didanai oleh Uni Eropa. “Kerja sama ini bermaksud untuk menumbuhkembangkan solusi inovatif untuk perancangan kota yang berkelanjutan,“ kata Kepala Badan Layanan Umum Daerah Jakarta Smart City, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi DKI Jakarta, Yudhistira Nugraha  di Jakarta, Selasa (21/7/2020).

Dikatakan, sebagai langkah awal kerja sama tersebut, program Perubahan Cerdas mengadakan sayembara digital untuk mengajak warga Jakarta mengembangkan solusi kreatif dalam menghadapi situasi pascapandemi.

"Melalui Future City: The Virtual Smart City Hackathon, para inovator lokal dan global diajak untuk menawarkan solusi yang dapat menjawab tantangan-tantangan di era pasca pandemi," ujarnya.


Dijelaskan, hackathon dirancang untuk memotivasi dan membantu para peserta untuk memperluas jaringan mereka dengan mengembangkan solusi yang berkaitan dengan tantangan-tantangan pemulihan pandemi dengan referensi dari berbagai tenaga ahli, yang nantinya akan terintegrasi dengan program dan layanan Jakarta Smart City.

Selain itu, warga yang mengikuti sayembera digital ini akan mendapatkan kesempatan konsultasi, dan bimbingan dengan para pebisnis, tenaga ahli dan pemodal ventura.


Tantangan-tantangan selama Hackathon berlangsung akan memuat 7 indikator dari konsep Kota Cerdas di Jakarta, yakni Smart Governance, Smart People, Smart Living, Smart Mobility, Smart Economy, Smart Environment, dan Smart Branding.

Untuk membantu para peserta dalam mengembangkan solusinya, akan diselenggarakan paparan dari para ahli terkait 7 indikator tersebut agar solusi yang ditawarkan menjawab tantangan pemulihan Jakarta pasca
pandemi.

“Hackathon ini menjadi langkah awal untuk mewujudkan tujuan dari kerja sama “Perubahan Cerdas” sekaligus membantu menjawab tantangan pemulihan pandemi. Dengan prototipe yang dikembangan selama Hackathon, diharapkan budaya kolaborasi dan inovasi bersama Jakarta Smart City akan semakin terbangun,”tandasnya (Wan)

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad