Jakarta Kini Punya 9 Lokasi Bike Sharing - Mediajakarta.com | Situs Berita Jakarta Terkini

Post Top Ad

Jakarta Kini Punya 9 Lokasi Bike Sharing

Jakarta Kini Punya 9 Lokasi Bike Sharing

Share This


JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM-  Layanan transportasi publik di Jakarta terus berbenah, setelah Busway, MRT/LRT, Jaklingko, kini hadir layanan Bike Sharing yang disebut Sepeda Gowes  yang disiapkan Pemprov DKI Jakarta.

Uji coba layanan Bike Sharing di DKI Jakarta sudah dilakukan oleh Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo, Jumat 3 Juli 2020 lalu. Saat ini Bike Sharing sudah tersebar di 9 titik parkir sepeda Gowes.

Dengan jumlah  tersedia 200 unit sepeda.  Publik bisa menikmati layanan Bike Sharing mulai jam operasional 06.00 pagi hingga 18.00 WIB.

Berikut ini 9 titik lokasi Bike Sharing yaitu :
1. Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia (HI).
2. Halte Bus Pelican Crossing Bundaran HI sisi Timur.
3. Halte Bus Pelican Crossing Bundaran HI sisi Barat.
4. Depan Gedung Sinar Mas.
5. Halte Bus Balaikota Sisi Selatan.
6. Stasiun Tanah Abang.
7. Walikota Jakarta Pusat / Museum Prasasti.
8. Gedung Dinas Teknis Abdul Muis.
9. Gedung Dinas Teknis Jatibaru.


Bagi warga Jakarta yang tertarik menggunakan layanan Bike Sharing,  diwajibkan  mengunduh aplikasi GOWES di smartphone Anda. Setelah berhasil login, segera top up saldo GOWES pada aplikasi untuk membuka gembok sepeda.

Selanjutnya scan/pindai QR Code pada unit GOWES untuk membuka gembok dan mulai berkendara.

Setelah selesai berkendara, parkirkan sepeda di zona parkir GOWES yang tersedia, lalu kunci gembok secara manual.  Jangan lupa untuk scan QR Code di tempat parkir sepeda GOWES untuk mengakhiri perjalanan.

“Layanan Bike Sharing bagus karena tidak perlu repot bawa sepeda sendiri, tapi cukup mengunduh layanan aplikasi Gowes di smartphone, kita sudah bisa keliling menikmati udara dan pemandangan Jakarta dengan menggunakan sepeda yang disiapkan Pemda DKI,”kata salah seorang warga Jakarta, Muthmainnah kepada Mediajakarta.com (9/7/2020).

Warga Jakarta bernama  Noval Fadel menilai argo Bike Sharing terbilang mahal, sehingga ia mengusulkan dikaji ulang.  Sekedar diketahui, saat ini, Dishut DKI Jakarta mengenakan biaya penggunaan Bike Sharing Rp 3000 per 15 menit.

Mengingat Jakarta masih menerapkan PSBB Transisi menuju New Normal, maka  seluruh pengguna Bike Shaing diimbau tetap patuhi Protokol Kesehatan mulai dari wajib pakai masker dan selalu jaga jarak aman supaya tidak terpapar virus Corona di ruang publik. (Wan)

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad