Forum Pemred: KKP Perlu Jelaskan Soal Bocornya Dokumen Berisi Nama-Nama Pemred dan Jurnalis di Media Sosial - Mediajakarta.com | Situs Berita Jakarta Terkini

Post Top Ad

Forum Pemred: KKP Perlu Jelaskan Soal Bocornya Dokumen Berisi Nama-Nama Pemred dan Jurnalis di Media Sosial

Forum Pemred: KKP Perlu Jelaskan Soal Bocornya Dokumen Berisi Nama-Nama Pemred dan Jurnalis di Media Sosial

Share This

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM - Ketua Forum Pemimpin Redaksi Indonesia Kemal Gani meminta pihak KKP menjelaskan ke publik terkait beredarnya dokumen yang berisi daftar nama-nama pemimpin redaksi dan jurnalis dari sejumlah media lengkap dengan daftar negara tujuan serta besaran uang dalam jumlah tertentu.

Forum Pemred menilai dokumen itu telah dijadikan bahan bagi orang-orang tak bertanggung jawab untuk membuat tuduhan dan melakukan framing negatif terhadap para pemred dan jurnalis tersebut.

"Kami minta pihak KKP menjelaskan agar publik memahaminya dengan baik dan benar ", ujar Kemal Gani dalam keterangan tertulisnya.

Kemal gani menyebut bahwa dokumen itu merupakan dokumen perjalanan Menteri Kelautan dan Perikanan 2014-2019 Susi Pudjiastuti ke luar negeri. Ketika dokumen itu muncul di media sosial, banyak yang menduga-duga dan menginterpretasikannya secara sepihak, tanpa fakta dan data.

"Karena itu, KKP perlu mengklarifikasi tuduhan-tuduhan miring terhadap para pemimpin redaksi dan jurnalis yang ada di dalam daftar tersebut oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab," pinta Kemal Gani.

Ketua Pemangku Kepentingan dan Konsultasi Publik (KP2) Kementerian Kelautan dan Perikanan Effendi Gazali membenarkan jika daftar itu merupakan bagian dari dokumen perjalanan Ibu Susi Pudjiastuti ke luar negeri. Namun, Effendi Gazali membantah lembaganya yang membocorkan dokumen itu.

Hingga saat ini, KKP belum mengeluarkan pendapat apapun terkait munculnya dokumen tersebut. Padahal, menurut Kemal Gani, sebagai pemilik data, seharusnya KKP menjelaskan dengan detail dokumen itu, sehingga tidak muncul interpretasi yang keliru.

Selanjutnya, Kemal Gani berharap "semoga hubungan dan komunikasi antara KKP dengan pimpinan media dapat terus terjalin dengan baik".  (Red)

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad