Sikap Disiplin Sebelum Memulai Aktivitas di Masa Pandemi - Mediajakarta.com | Situs Berita Jakarta Terkini

Post Top Ad

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM – Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Nasional Prof. Wiku Adisasmito menegaskan bahwa setiap individu perlu menjaga imunitas dan jangan panik. Menjaga imunitas merupakan upaya menegakkan disiplin, utamanya saat memulai aktivitas di tengah pandemi COVID-19.

“Jadi kalau kita sudah begitu, nggak panik, imunitas kita naik dan bisa saja kita akhirnya mampu,” kata Prof. Wiku dalam dialog di Media Center Gugus Tugas, Graha BNPB, Jakarta, pada Selasa (2/6).

Wiku mengatakan ada 2 langkah preventif untuk menghadapi pandemi. Sikap disiplin terhadap perilaku sebagai salah satu upaya preventif, sedangkan upaya lain dengan vaksin. Namun, vaksin masih membutuhkan waktu lama karena belum ditemukan.

“Preventif yang sebenarnya ada di diri masing-masing adalah mencegah kita berinteraksi dengan virus itu secara langsung. Maka dengan cara melakukan, protokol kesehatan yang sudah sering diulang-ulang, kan semua sudah sadar itu,” ujarnya.

Wiku juga menambahkan bahwa setiap individu harus berdisiplin, baik disiplin sebagai individu dan disiplin secara kelompok. Karenanya, “kita selalu mengingatkan orang, orang mengingatkan kita, dan seterusnya. Selama bisa begitu, dan tertib disiplin, itulah saatnya kita mulai mempertimbangkan untuk mulai melakukan aktivitas yang produktif dan aman COVID.”

Sementara itu, Ketua Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof. Pratiwi Sudarmono mengatakan,”Kita mulai memikirkan bagaimana tata cara bagaimana kita bekerja, belajar, beribadah, bersosialisasi, bersilaturahmi dalam kondisi ada virus Korona.”

Menurut Pratiwi, langkah-langkah preventif tersebut perlu dipraktekkan tidak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia.

“Jadi kita harus ubah perilaku kita, mau tidak mau,” pungkas Prof. Pratiwi. (jack)

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad