DKI Kirim Bus Sekolah Untuk Angkut Penumpang KRL - Mediajakarta.com | Situs Berita Jakarta Terkini

Post Top Ad

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM - Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, ditemani Walikota Bogor, Bima Arya meninjau pelaksanaan pengangkutan penumpang KRL menggunakan bus sekolah di Stasiun Bogor, Senin Pagi (15/6).

“Kita menyiapkan 50 bus yang dikirimkan ke beberapa stasiun. Harapannya bisa membantu mengurangi beban karena penuhnya penumpang di hari Senin pagi. Jadi sebelum masuk stasiun, mereka bisa menggunakan bus ini,” ucap Gubernur Anies usai peninjauan.

Selain memberikan layanan bus gratis, Pemprov DKI Jakarta juga menegakkan regulasi yang mengatur shift kerja, sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nomor 8 Tahun 2020 tentang Pengaturan Jam Kerja di Wilayah Jabodetabek dan Surat Edaran Sekda DKI Jakarta Nomor 38/SE/2020 tentang Sistem Kerja Pegawai ASN di Lingkungan Pemprov DKI pada masa PSBB Transisi.

Hal itu diharapkan mampu mengurangi kepadatan penumpang angkutan umum massal maupun kendaraan pribadi menuju Jakarta.

Menurut Gubernur Anies, terkait jam kerja, baik ASN maupun swasta telah dibuatkan jeda, dalam aturannya minimal dua jam dan sekarang disepakati menjadi tiga jam.

"Tujuannya untuk mengurangi kepadatan. Ini semua dikerjakan bukan semata-mata untuk memenuhi peraturan, tetapi untuk keselamatan pekerja. Untuk keselamatan seluruh masyarakat,” terang Gubernur Anies.

Sementara itu, Walikota Bogor, Bima Arya mengapresiasi bantuan bus sekolah gratis dari Pemprov DKI, karena membantu pihak stasiun dan Pemkot Bogor melakukan pembatasan kepadatan KRL menuju DKI Jakarta.

“Jadi saya terima kasih pada PT KAI, pak Gubernur yang ikut sama-sama berkordinasi sehingga dapat mengurangi penumpukan penumpang di sini,” ujar Bima Arya.

Dirut KAI Didiek Hartantyo juga mengapresiasi kolaborasi antara Pemprov DKI dan Pemkot Bogor untuk mengurai kepadatan di stasiun-stasiun.

“Artinya dengan pembatasan kapasitas kereta, maka perlu koordinasi. Artinya imbauan dari hulu untuk shift kerja itu bisa diatur. Kita tunjukkan hari ini bahwa Bogor lebih tertata dibandingkan minggu lalu. Harapan kami, imbauan kepada para penumpang agar tetap menjaga protokol kesehatan demi pencegahan penyebaran COVID-19,” tandasnya.

Senin (15/6) Pemprov DKI Jakarta menyediakan 50 unit bus sekolah gratis yang disebar di Stasiun Cilebut, Stasiun Bojong Gede, Stasiun Bogor, dan Stasiun Depok Baru untuk mengangkut penumpang KRL menuju Jakarta.

Selain mengangkut penumpang menuju Jakarta, bus sekolah gratis juga mengangkut penumpang dari stasiun-stasiun di Jakarta menuju Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. (jack)

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad