Pemerintah Indonesia Dorong Kebijakan "Vaksin untuk Semua" - Mediajakarta.com | Situs Berita Jakarta Terkini

Post Top Ad

Pemerintah Indonesia Dorong Kebijakan "Vaksin untuk Semua"

Pemerintah Indonesia Dorong Kebijakan "Vaksin untuk Semua"

Share This
Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM- Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, bersama dengan lebih dari 140 pemimpin dunia dan para ahli menyerukan hadirnya vaksin Covid-19 yang dapat diakses secara gratis. Para pemimpin tersebut menuntut agar semua vaksin, pengobatan dan tes bebas paten, dapat diproduksi secara massal, didistribusikan secara adil dan tersedia bagi semua orang di semua negara.

“Indonesia menyerukan kerjasama konkret untuk akses yang adil dan tepat waktu terhadap obat-obatan dan vaksin yang bisa menyembuhkan Covid-19 dengan harga terjangkau,” kata Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri Indonesia saat menghadiri pertemuan secara virtual dalam Majelis Kesehatan Dunia pada 18 Mei 2020.

Advokasi ini mendesak seluruh pemerintah dan perusahaan farmasi di dunia untuk menjamin bahwa vaksin, tes, dan perawatan akan bebas paten dan didistribusikan secara merata ke semua negara dan masyarakat. Kesepakatan itu akan ditetapkan dalam Majelis Kesehatan Dunia yang dihadiri oleh menteri kesehatan dari 194 negara.

“Indonesia percaya sudah saatnya dunia merangkul solidaritas global untuk melawan ancaman bersama ini. Jadi, jika dan saat, obat atau vaksin ditemukan, kita harus memastikan tidak ada yang tertinggal ” kata Retno Marsudi.

Dukungan Indonesia untuk vaksin yang terjangkau, konsisten dengan advokasi pemerintah Indonesia di ASEAN yang menyerukan solidaritas regional agar berbagi informasi, praktik terbaik, penelitian dan pengembangan epidemiologi, dan sumber daya untuk menghambat penyebaran Covid-19.

Pada April 2020, anggota negara ASEAN sepakat untuk bekerja bersama melindungi rakyat ASEAN. Berhubung Indonesia menjadi Pemimpin dari Foreign Policy Global Health Initiative pada tahun ini, maka pemerintah mendorng terwujudnya komitmen untuk menyediakan layanan kesehatan yang terjangkau bagi semua orang.

Atas inisiatif itu, Country Director Oxfam di Indonesia, Maria Lauranti menyebut sudah saatnya Indonesia mengambil peran strategis di asia. Termasuk menyuarakan hal itu di forum-forum tertinggi dunia.

“Peran Indonesia sangat penting untuk mewakili suara Asia, dan kekuatan dari Selatan dalam Majelis Kesehatan Dunia. Pemerintah harus mengadvokasi kemitraan global yang lebih kuat di antara negara-negara berkembang, ”ujar Maria Lauranti.

Sejumlah pemimpin dunia turut mendukung advokasi ini dan mengakui bahwa kemajuan sedang dibuat, ketika banyak negara dan organisasi internasional bekerja bersama-sama secara multilateral dalam melakukan penelitian dan pengembangan, pendanaan serta akses. Bahkan Uni Eropa mendukung pendanaan sebesar US$ 8 miliar yang dijanjikan pada 4 Mei lalu. (jack)


Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad