Jakarta

[Jakarta][bleft]

Bisnis

[Bisnis][bleft]

Tekno

[Tekno][bleft]

Lingkungan

[Lingkungan][bleft]

Sport

[Sport][bleft]

Politik

[Politik][bleft]

Internasional

[Internasional][bleft]

Kolom

[Kolom][bleft]

Tingkatkan Kesejahteran Guru di Jakarta, Anies Terima Penghargaan dari Kemenag


JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan kembali menerima penghargaan. Kali alumnus HMI itu menerima piagam penghargaan dari Kementerian Agama (Kemenag) RI atas kontribusi Pemprov DKI Jakarta dalam pengembangan pendidikan agama dan keagamaan di Provinsi DKI Jakarta.

Piagam penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Agama RI, Fachrul Razi, dalam kegiatan 'Malam Tasyakuran: Hari Amal Bakti ke-74 Kementerian Agama 2020' di ruang Auditorum Kementerian Agama RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (16/1).

"Pemprov DKI Jakarta ingin agar warga Jakarta bisa merasakan kesetaraan di dalam pelayanan, termasuk bagi mereka yang bekerja di bidang pendidikan. Sebagian dari guru-guru kita berada di bawah naungan Pemprov DKI Jakarta, sebagian berada di bahwa naungan Kanwil Kementerian Agama. Nah, kami ingin mendukung para guru yang mengajar anak-anak di Jakarta, yang berada di bawah naungan Kementerian Agama, dalam bentuk hibah," ujar Anies seperti dikutip dari keterangan pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Perlu diketahui, Pemprov DKI Jakarta menyalurkan dana hibah kepada Kanwil Kemenag RI di DKI Jakarta sekitar Rp 400 Miliar untuk kesejahteraan guru agama di Jakarta. Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga telah memberikan bantuan operasional bagi rumah-rumah ibadah seluruh agama di wilayah DKI Jakarta.

Anies juga menegaskan komitmennya agar kehidupan beragama di Jakarta semakin maju dan berkembang. Anies menceritakan salah satu bantuan Pemprov DKI Jakarta yang belum lama ini diberikan yaitu hibah krematorium di Cilincing, agar biaya kremasi dapat lebih terjangkau oleh seluruh lapisan umat Hindu di Jakarta.

"Ini baru tahap awal. InsyaAllah ke depannya nanti kita berharap akan bisa ada program gabungan yang lebih baik, sehingga semua pendidik di Jakarta bisa mendapatkan kesetaraan di dalam kesejahteraannya. Saya ingin sampaikan terima kasih kepada Kementerian Agama yang memberikan penghargaan ini. PR kita masih banyak. Rencana kita masih banyak. InsyaAllah di tahun-tahun ke depan, kita akan terus tingkatkan," terangnya.

Perlu diketahui, penghargaan Kemenag RI juga diberikan kepada 5 Kepala Daerah lainnya, yaitu;
1. Gubernur Kalimantan Barat yang menghibahkan tanah untuk asrama Haji sekitar 12 hektar
2. Gubernur Riau yang menghibahkan tanah untuk 56 lokasi KUA
3. Wali Kota Kupang yang menghibahkan 942 meter persegi untuk rumah ibadah umat Budha
4. Bupati Bondowoso yang menghibahkan 18 miliar rupiah untuk kesejahteraan guru di pondok pesantren
5. Bupati Bolaang Mongondow yang menghibakan Rp 4,2 miliar untuk Bimbingan Masyarakat (Bimas) Hindu

Menteri Agama RI, Fachrul Razi, dalam sambutannya mengungkapkan, tugas pemerintah ke depan adalah upaya memoderasi beragama agar tercipta kerukunan di tengah masyarakat. Menag RI kemudian menyatakan bahwa manusia diciptakan berbeda-beda untuk saling mengenal dan bukan untuk saling bermusuhan.

"Dan (kebijakan hibah) ini kita sangat hargai. Bukan saja besarnya angkanya, tapi kepedulian tanpa mempedulikan apapun agamanya," tandasnya. (BJ/MJ)

Tidak ada komentar: