Sere Rohana, Penggiat Lingkungan dari Duren Sawit Raih Ibukota Awards 2019 - Mediajakarta.com | Situs Berita Jakarta Terkini

Post Top Ad

Sere Rohana, Penggiat Lingkungan dari Duren Sawit Raih Ibukota Awards 2019

Sere Rohana, Penggiat Lingkungan dari Duren Sawit Raih Ibukota Awards 2019

Share This

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM- Warga RW 02 Kelurahan Malaka Sari, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Sere Rohana Napitupulu, meraih penghargaan Ibu Ibukota Awards 2019 bidang Pelestarian Lingkungan.

Rohana mengembangkan teknologi eco enzime untuk mengelola sampah di lingkungan permukimannya.  Selain tidak menimbulkan bau, pengelolaan sampah dengan teknologi tersebut juga mengedukasi warga untuk memilah sampah sejak dari rumah.

Rohana berhasil menyisihkan empat nominator lainnya, Solichah Indah Setyani (inisiator program Tabungan Sampah Kering, Pendiri Bank Sampah Induk Gesit dengan 750 nasabah), Euis Kurniawati (inisiator penghijauan wilayah Karang Anyar), Sarwo Indah Pujiutami (penggerak akademi kompos di Petukangan Selatan) dan Sutriyati (penggerak lingkungan Kebayoran Lama).

Menurut Rohana, saat ini sudah sembilan RT di RW yang terlibat. "Ke depan kita harap lebih banyak lagi yang terlibat," ujarnya seperti dikutip dari laman resmi Pemprov DKI Jakarta, beritajakarta.id, Jumat (20/12).

Dilanjutkan Rohana, awal berkecimpung mengelola sampah berawal dari kegiatan mengikuti green and clean dan keluar sebagai juara di tahun 2010. Sebagai kelanjutan, Ia bersama warga lainnya mendirikan Bank Sampah Malaka Asri di wilayah permukiman mereka.

Tidak hanya, memilah sampah dan menggiatkan penghijauan, Sere juga aktif mengembangkan teknologi menanam pohon urban farming. Kemudian, teknologi komposting di bank sampah yang dikelolanya juga terus dikembangankan dengan teknologi eco enzime sehingga mampu memproduksi kompos cair.

Selain itu, Rohana yang khawatir bila penanganan sampah tidak dikelola dengan baik dapat mencemari lingkungan pun mengembangkan air lindi menjadi bioaktivator untuk memperbaiki nutrisi tanah.

Bank Sampah Malaka Asri besutan Sere juga sudah mulai diduplikasi ke tujuh lokasi lain di area Jakarta Timur serta telah bekerjasama dengan perbankan perihal pengelolaan keuangan nasabah. 

Termasuk menggandeng perusahaan ojek online untuk memudahkan nasabah yang ingin menabung.
Atas semua upaya itu, Sera meraih penghargaan Ibu Ibukota Awards 2019 bidang Pelestarian Lingkungan, menyisihkan empat nominator lainnya, Solichah Indah Setyani (inisiator program Tabungan Sampah Kering, Pendiri Bank Sampah Induk Gesit dengan 750 nasabah), Euis Kurniawati (inisiator penghijauan wilayah Karang Anyar), Sarwo Indah Pujiutami (penggerak akademi kompos di Petukangan Selatan) dan Sutriyati (penggerak lingkungan Kebayoran Lama).

"Saya khawatir anak cucu kita tidak dapat air tanah. Makanya upayakan setiap ilmu yang kita dapat untuk menjaga bumi agar bisa diwariskan ke anak cucu kita," tandasnya.(BJ/MJ)


Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad