Jakarta

[Jakarta][bleft]

Bisnis

[Bisnis][bleft]

Tekno

[Tekno][bleft]

Lingkungan

[Lingkungan][bleft]

Sport

[Sport][bleft]

Politik

[Politik][bleft]

Internasional

[Internasional][bleft]

Kolom

[Kolom][bleft]

Terungkap Facebook diam-diam gunakan kamera iPhone Anda


JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM – Pemilik ponsel pintar iPhone harus berhati-hati terhadap Facebook karena aplikasi itu diam-diam telah menggunakan kamera Anda ketika menggulirkan konten (scrolling feed).

Ketika pengguna iPhone menggulirkan feed, kamera ponsel tampak bekerja aktif di latar belakang. Hal itu mungkin tidak disadari pengguna, demikian mengutip laporan The Next Web, Rabu.

Masalah itu terungkap dari unggahan Joshua Maddux di Twitter yang melaporkan perilaku tidak biasa yang terjadi pada aplikasi Facebook untuk iOS.

Dalam cuplikan yang dibagikannya, Anda dapat melihat kamera ponselnya bekerja aktif di latar belakang saat ia menggulirkan feed.

Masalah itu menjadi jelas karena bug yang menunjukkan feed kamera dalam sepotong kecil di sisi kiri layar Anda, ketika Anda membuka foto di aplikasi dan geser ke bawah.

Maddux juga menemukan masalah yang sama pada lima perangkat iPhone yang menjalankan iOS 13.2.2, tapi itu tidak terjadi dalam iOS 12.

“Saya mencatat iPhone yang menjalankan iOS 12 tidak menunjukkan kamera aktif (tidak untuk mengatakan bahwa itu tidak sedang digunakan),” katanya.

Sementara, iPhone yang menjalankan iOS 13.2.2 memang menunjukkan kamera bekerja secara aktif di latar belakang. Tapi masalah itu tampaknya tidak mempengaruhi iOS 13.1.3.

“Kami selanjutnya memperhatikan bahwa masalah hanya terjadi jika Anda telah memberikan akses aplikasi Facebook ke kamera Anda. Jika tidak, tampaknya aplikasi Facebook mencoba mengaksesnya, tetapi iOS memblokir upaya tersebut,” tulis The Next Web.

 Hanya saja, masih belum jelas apakah itu perilaku yang disengaja atau hanya bug dalam perangkat lunak untuk iOS.

Apa pun alasannya, masalah itu cukup memprihatinkan mengingat beberapa kasus diduga pelanggaran privasi yang dituduhkan kepada Facebook, di antaranya kasus Cambridge Analytica.
Sekarang, semua orang harus menyadari aplikasi iOS apa pun yang telah diberikan akses ke kamera dapat merekam Anda secara diam-diam. Pada 2017, peneliti Felix Krause berbicara kepada The Next Web tentang masalah yang sama.

Pada saat itu, peneliti mencatat salah satu cara menangani masalah privasi itu adalah dengan mencabut akses kamera meskipun itu bisa dibilang tidak membuat pengalaman perangkat lunak menjadi lancar.

Hal lain yang disarankan adalah menutupi kamera Anda, seperti mantan direktur FBI James Comey dan yang dilakukan pemilik Facebook sendiri Mark Zuckerberg. (TNW/Ant/MJ)

Tidak ada komentar: