Jakarta

[Jakarta][bleft]

Bisnis

[Bisnis][bleft]

Tekno

[Tekno][bleft]

Lingkungan

[Lingkungan][bleft]

Sport

[Sport][bleft]

Politik

[Politik][bleft]

Internasional

[Internasional][bleft]

Kolom

[Kolom][bleft]

Lepas Atlet Jakarta ke SEA Games Manila, Anies Targetkan Peringkat Dua Besar


JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM- Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, melepas kepergian 174 atlet dan pelatih asal DKI Jakarta menuju Sea Games XXX tahun 2019 di Gedung Balai Kota, Jakarta Pusat pada Jumat (29/11). 

Momen pelepasan tersebut diharapkan agar kontingen atlet dapat menjaga semangat dan nama baik Indonesia dalam mengikuti 47 cabang olahraga untuk meraih target peringkat dua besar di kompetisi tersebut.

“Saya ingin sampaikan terima kasih, apresiasi kepada semua, karena teman-teman sekalian selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun, berlatih tak terlihat. Baru hari-hari ini anda muncul ke permukaan. Baru-baru ini masyarakat menyadari anda bersiap berangkat ke Manila. Tapi proses panjang itu, yang tahu hanya anda sendiri dan pelatih. Persiapan panjang yang sudah dikerjakan adalah untuk membawa nama baik Indonesia. Anda berangkat membawa nama Jakarta, anda di sana membawa nama Indonesia. Warna pakaian anda sudah mencerminkan Indonesia,” ujar Gubernur Anies mengawali sambutannya.

Gubernur Anies menyampaikan pesan agar setiap atlet harus mengutamakan kedisiplinan selama berada di Filipina, termasuk durasi istirahat, porsi makan dan minum, dan jadwal latihan. Gubernur juga berharap agar semua kontingen olahraga asal Jakarta dapat tetap fokus agar bisa meraih prestasi terbaik dalam Sea Games.

“Berikutnya, selama berada di sana, pasti berinteraksi dengan para atlet dari berbagai negara. Tunjukkan bahwa atlet Indonesia bergaul dengan semua. Atlet Indonesia menyapa semua. Atlet Indonesia tidak menutup diri. Atlet yang percaya diri. Atlet yang bisa menyapa satu sama lain. Berikan kesan yang positif kepada atlet-atlet lain dari seluruh Asia Tenggara yang nanti hadir ke sana,” ungkap Gubernur Anies lebih lanjut.

Gubernur Anies juga menuturkan agar para atlet menunjukkan sikap yang matang sebagai tamu jika mengalami masalah selama mengikuti perhelatan Sea Games. Gubernur Anies menekankan sikap yang matang itu merupakan langkah profesional, seperti dengan cara melaporkan kepada pihak berwenang (panitia) selaku tuan rumah.

“Dan Sea Games ini, kemarin bapak Presiden juga sudah menargetkan yaitu dua besar. Artinya, Anda harus kerja ekstra untuk mencapai tempat-tempat tertinggi, tempat-tempat terpuncak. Jadi saya minta kedisiplinan dijaga. Dan ingat, di Balai Kota kita menyanyikan Indonesia Raya. Di Istana anda menyanyikan Indonesia Raya. Di Manila anda harus bisa menyanyikan Indonesia Raya,” ucap Gubernur Anies, seperti yang dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Gubernur Anies kemudian berharap ikhtiar yang dilakukan selalu diiringi dengan doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Gubernur Anies juga berpesan agar setiap atlet meminta doa kepada orang tua dan keluarga agar semakin dikuatkan dalam menjalani kompetisi Sea Games.

“Kamipun ikut mendoakan. InsyaAllah anda pulang, kita sambut lagi di sini, dan saat itu anda membawa kalungan medali-medali di dada anda. Selamat jalan. Selamat berjuang. Jaga nama baik. Insya Allah kita jumpa kembali di Jakarta. Anda sehat selama perjalanan, berprestasi di Manila, dan InsyaAllah kita semuanya, official semuanya juga dalam keadaan sehat selama proses berjalan nanti,” tutup Gubernur Anies. (BJ/MJ)

Tidak ada komentar: