Jakarta

[Jakarta][bleft]

Bisnis

[Bisnis][bleft]

Tekno

[Tekno][bleft]

Lingkungan

[Lingkungan][bleft]

Sport

[Sport][bleft]

Politik

[Politik][bleft]

Internasional

[Internasional][bleft]

Kolom

[Kolom][bleft]

Earth Hour Jakarta Hemat Tagihan Listrik Rp 260 Juta

Aksi kampanye Earth Hour di Monas Jakarta. Foto : WWF-Indonesia/Roni Sambiangga
JAKARTA, MJ-Kampanye penghematan energi lewat kegiatan Earth Hour bersama World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia di pelataran Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, malam ini kembali digelar.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 20.30-21.30 ini mampu menghemat energi listrik hingga 236 mega watt (MW). Nilai beban listrik yang dihemat tersebut, jika dikonversi dalam bentuk rupiah setara dengan Rp 260 juta.


"Tadinya 213 MW, sekarang ada peningkatan 236 MW. Setiap tahun naik, mungkin nanti diikuti seluruh kota dan kabupaten di Indonesia akan ikut naik. Kita harus lakukan penghematan di segala bidang. Di DKI Jakarta bangunannya akan kita arahkan ke eco building dan green building," ungkap Joko Widodo, Gubernur DKI Jakarta, Sabtu (23/3) malam seperti dilansir Beritajakarta.com, media resmi Pemda DKI.

Manajer PLN Pengatur Area Distribusi Jakarta dan Tangerang, Bimo Samudro mengakui, dalam aksi kampanye Earth Hour kali ini berhasil melakukan penghematan listrik sebanyak 236 MW dibandingkan dengan tahun 2012 yang penghematannya hanya 213 MW.

"PLN Area Jakarta dan Tangerang mengalami penghematan beban listrik sebesar Rp 260 juta. Namun, aksi ini juga tidak mempengaruhi pertandingan sepakbola Timnas di Stadion Utama Gelora Bung Karno,"tandasnya. (BJ)