Jakarta

[Jakarta][bleft]

Bisnis

[Bisnis][bleft]

Tekno

[Tekno][bleft]

Lingkungan

[Lingkungan][bleft]

Sport

[Sport][bleft]

Politik

[Politik][bleft]

Internasional

[Internasional][bleft]

Kolom

[Kolom][bleft]

Organda: Jakarta Akan Lebih Cepat Macet Total

Lalu lintas Jakarta. Foto : Kompas/Priyombodo.

JAKARTA, MJ-Ketua Umum Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda) Eka Sari Lorena memperingatkan kemacetan total di Jakarta, akan lebih cepat tiba. Sebab, belum ada solusi komprehensif yang diambil oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Ada dua hal yang akan mempercepat kemacetan total di Jakarta. Pertama, akan dibangunnya enam tol di Jakarta. Kedua, akan bermunculannya mobil murah. "Dua hal itu akan bersinergi memacetkan Jakarta," kata Eka, Jumat (11/1).

Eka mengatakan, ketika Gubernur DKI Jakarta memberikan lampu hijau terhadap pembangunan enam tol dalam kota, apakah juga dipikirkan tentang kapasitas parkir? "Apakah juga dipikirkan soal pemborosan BBM? Apakah juga dipikirkan soal psikologi warga untuk membeli lebih banyak mobil? Saya pikir tidak," ujar Eka.

Menurut Eka, Pemprov DKI Jakarta baru berpikir sebatas proyek. "Baru proyek yang dipikirkan, belum mengerjakan pekerjaan rumah berupa revitalisasi trayek dan angkutan," ujar Eka. Dia menambahkan, saya pikir Gubernur salah bergaul dalam urusan transportasi.

Dihubungi di Semarang, ahli transportasi dari Universitas Katolik Soegijapranata Djoko Setijowarno mengusulkan Gubernur DKI Jakarta untuk menggelar dialog terbuka untuk membahas proyek enam ruas tol dalam kota.

"Lakukan dialog seperti membahas MRT," ujar Djoko. Dia mengingatkan janji Jokowi pada masa kampanye untuk pro terhadap transportasi massal. (Kompas).