Jakarta

[Jakarta][bleft]

Bisnis

[Bisnis][bleft]

Tekno

[Tekno][bleft]

Lingkungan

[Lingkungan][bleft]

Sport

[Sport][bleft]

Politik

[Politik][bleft]

Internasional

[Internasional][bleft]

Kolom

[Kolom][bleft]

Enam Bulan Lagi, Transjakarta Beroperasi 24 Jam



JAKARTA, MJ-Dalam waktu dekat transjakarta akan meluncurkan angkutan malam hari (amari).


Dengan demikian, layanan transportasi transjakarta akan beroperasi 24 jam nonstop. Amari diharapkan akan menggantikan omprengan yang selama ini beroperasi di Jakarta.

“Amari ini akan beroperasi enam bulan dari sekarang, jam operasinya mulai dari pukul 23.00 hingga 05.00. Jadi, transportasi Jakarta hidup 24 jam sehingga  tidak ada lagi omprengan,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono dikutip dari Kompas.

Untuk tahap awal, kata Udar, amari akan menggunakan 90 armada bus transjakarta Koridor I (Blok M-Kota) yang sudah tidak layak jalan. Bus-bus tersebut akan diremajakan. “Sebanyak 90 bus Koridor I akan ditarik dan diperbaiki makanya butuh waktu enam bulan. Bus kami tarik kemudian diperbaiki lagi baru boleh jalan,” ujarnya.

Sistem operasi amari tidak akan jauh berbeda dengan transjakarta karena amari juga menggunakan koridor yang telah ada dan harga tiket sama. Perbedaan hanya terletak pada jumlah bus yang lebih sedikit, yaitu satu koridor terdiri dari 10 unit bus.  Selain itu, selisih jarak kedatangan bus juga akan lebih lama, yaitu 30 menit.

Menurut Udar, saat ini masih diadakan tender untuk menentukan siapa operator amari. Namun, amari tetap akan berada di bawah pihak pengelola transjakarta.

Sumber: Kompas.com